PENINGKATAN KOMPETENSI SDM PERTANIAN "PENGELOLAAN KESUBURAN LAHAN"

Sumber Gambar :

 

 

DINAS PERTANIAN PROVINSI BANTEN, SERANGDinas Pertanian Provinsi Banten mendorong partisipasi aktif Penyuluh Pertanian di Provinsi Banten untuk mengikutsertakan Petani dalam Pelatihan Teknis Pengelolaan Kesuburan Lahan.

 

Salah satu metode penyelenggaraan penyuluhan pertanian adalah pelatihan, kendala pembatasan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang bukan sesuatu yang tidak dapat disiasati, saat ini sudah tersedia teknologi komunikasi untuk melakukan suatu pertemuan dengan jumlah peserta yang sangat banyak sekalipun. Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian akan menyelenggarakan Pelatihan secara daring dengan tema Peningkatan Kompetensi SDM Pertanian dengan peserta sebanyak 1 juta yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia dengan topik Pengelolaan Kesuburan Lahan.

Pelatihan ini mendapat respon yang bagus, target peserta untuk Banten sebanyak 25.000 orang  dan sampai dengan saat ini sudah didaftarkan oleh Penyuluh Pertanian di delapan (8) wilayah Kabupaten dan Kota di Provinsi Banten sebanyak 32.439 orang yang terdiri dari Penyuluh Pertania 576 orang, Petani 31.052 orang dan Peserta Lain Pemerhati Pertanian sebanyak 811 orang, jumlah ini memberi kontribusi peningkatan jumlah  peserta yang direncanakan oleh Panitia sebanyak 1,5 juta orang.

Pada kesempatan ini, Dinas Pertanian Provinsin Banten menugaskan 5 orang Pejabat Fungsional Penyuluh Pertanian untuk mengawal kelanjutan setelah pendaftaran untuk memastikan keikutsertaannya, agar Penyuluh Pertanian ditingkat desa mendampingi peserta yang berasal dari Petani dalam menggunakan aplikasi zoom pada masing-masing HP atau menggunakan satu (1) gadget untuk beberapa orang.

Pelatihan direncanakan selama lima (5) hari, dari tanggal 7 Agustus s.d 14 Agustus 2021 yang akan dimulai pembukaannya pada tanggal 6 Agustus 2021 yang rencananya akan dibuka oleh Menteri Pertanian namun diharapkan dapat dibuka oleh Presiden RI. Panitia menyediakan free sertifikat dari Menteri Pertanian. Materi pelatihan meliputi Video Pemupukan Berimbang, Kebijakan Pemupukan Nasional, Pengenalan Kesuburan Tanah, Pemupukan Berimbang, Pupuk Hayati, Pengenalan Kredit Usaha Rakyat, Motivasi


Share this Post