KEGIATAN KEMANDIRIAN PAKAN 2019

Sumber Gambar :

KEGIATAN KEMANDIRIAN PAKAN 2019

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus melakukan penataan atau revitalisasi kawasan Banten Lama yang berlokasi di Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Setelah penataan halaman Masjid Agung Banten, Kanal Banten, pembangunan taman sebagai ruang publik dan ruang terbuka hijau, taman bermain anak, pedestrian, penataan kawasan pedagang kaki lima, dan tempat parkir kendaraan maka menurut rencana pada 2020, pemprov juga akan membangun pusat oleh-oleh yang diproduksi pengusaha mikro, kecil, dan menengah. Dengan demikian pengunjung Banten Lama bukan hanya berziarah dan menikmati keindahan kawasan Kesultanan Banten, tetapi juga bisa membawa oleh-oleh ke kampung halamannya.

Salah satu potensi oleh-oleh yang dibawa oleh pengunjung adalah telur asin. Untuk itu Dinas Pertanian Provinsi Banten terus menggiatkan pembinaan kepada kelompok itik petelur untuk meningkatkan produksinya agar dapat mensuplai kebutuhan telur itik di kawasan Banten Lama.

Pada Hari Selasa  3  Desember 2019, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten (Ir H. Agus M Tauchid S., Msi) melakukan penyerahan secara simbolis bantuan kegiatan kemandirian pakan di kelompok Tani Mekar IV Desa Sukamanah Kecamatan Tanara Kabupaten Serang. Dalam sambutannya Ir. H Agus M Tauchid menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Banten dalam hal ini Gubernur Banten sangat peduli dengan kemajuan peternak di Banten serta menyambut baik kegiatan ini untuk menyediakan pakan berkualitas dengan harga terjangkau. Selanjutnya Kelompok penerima dan ketua Sentra peternakan rakyat (SPR) Kabupaten Serang diminta untuk amanah menerima bantuan tersebut demi kemajuan kelompok. Dan untuk penyuluh yang ikut hadir pada acara tersebut, diminta untuk mendampingi kelompok dari sisi aspek pemberdayaan kelembagaan dan aspek pemberdayaan modal sehingga kelompok bisa terus berkembang.

Dalam kegiatan kemandirian pakan tersebut kelompok menerima bantuan pengadaan bahan pakan, alat dan mesin pengolah pakan, perbaikan dan/atau pembangunan gudang produksi. Harapan dari kegiatan ini adalah kelompok dapat menyediakan pakan berkualitas dengan harga terjangkau dan berbasis sumber daya lokal untuk memenuhi kebutuhan pakan kelompok peternak yang ada di sekitar unit pengolah pakan kelompok Tani Mekar IV tersebut.

 

Nurhayati., S.Pt., MP

 


Share this Post