Bantuan Produk Hortikultura : Kerjasama Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian dan Dinas Pertanian Provinsi Banten

Sumber Gambar :

Sebagai wujud kepedulian terhadap petani dan masyarakat terdampak pandemi, Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian bekerjasama dengan Dinas Pertanian Provinsi Banten melalui Bidang Hortikultura menyelenggarakan kegiatan Bantuan Produk Hortikultura. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan antisipasi dampak pandemi terhadap petani dan masyarakat terdampak di Provinsi Banten.

Kepala Bidang Hortikultura Dinas Pertanian Provinsi Banten, Hudri, S.Hut., M.Si., mengungkapkan kegiatan bantuan produk hortikultura ini diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian sebagai wujud kepedulian dan antisipasi dampak pandemi yang bertepatan dengan momen Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 76 serta Gelar Buah Nusantara 2021. “Jumlah ini mungkin tidak terlalu signifikan untuk membantu petani dan masyarakat terdampak pandemi, namun kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian nyata dari DIrektorat Jenderal Hortikultura dan Dinas Pertanian Provinsi Banten kepada masyarakat Banten. Melalui kegiatan ini, saya mengharapkan adanya semangat dan kesadaran dalam diri kita masing-masing akan pentingnya kepedulian dan saling tolong-menolong antar sesama terutama di masa pandemi ini”, lanjutnya.

Kegiatan bantuan produk hortikultura meliputi dua tahap pelaksanaan, yaitu pembelian dan penyaluran. Pada tahap pembelian diarahkan untuk membeli buah-buahan hasil produksi petani lokal, terutama dari petani yang terdampak pandemi. Pada tahap penyaluran, buah-buahan diutamakan didistribusikan kepada masyarakat yang terkena dampak pandemi dan masyarakat miskin lainnya. Sedangkan untuk lokasi atau sasaran distribusi diutamakan pada lokasi terdampak pandemi misalkan wilayah yang masih berstatus PPKM level 3 atau 4.

Kegiatan bantuan produk hortikultura ini merupakan implementasi dari kegiatan Sarana Pemasaran Hortikultura dan telah dilakukan untuk yang kedua kalinya, dimana pada tahun 2020 juga telah dilaksanakan jenis kegiatan yang sama. Cakupan distribusi penyaluran bantuan produk hortikultura pada tahun ini meliputi beberapa wilayah di Kota Serang, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang.


Share this Post