WASPADA VIRUS CORONA

WASPADA VIRUS CORONA

WASPADA VIRUS CORONA

 

13 Negara telah meng konfirmasi terinfeksi Virus Corona

1

Kanada

5

Amerika Serikat

9

Malaysia

13

Australia

2

China

6

Korea Selatan

10

Vietnam

 

 

3

Jepang

7

Taiwan

11

Nepal

 

 

4

Singapura

8

Thailand

12

Perancis

 

 

         Sumber : kompas.com 26 Januari 2020

Apa itu Virus Corona?

Corona virus adalah keluarga dari virus Coronaviridae bisa dijumpai di banyak spesies hewan seperti unta, sapi, kucing dan kelelawar. Virus Corona termasuk virus yang menyerang saluran pernafasan, virus ini menjadi berbahaya ketika penderitanya itu adalah orang-orang dengan usia lanjut, kemudian mereka juga menderita suatu penyakit sehingga memiliki sistem imun yang lemah jadi ketika terinfeksi oleh virus Corona atau Corona Virus itu akan memperparah kodisi dari penyakitnya dan bisa menyebabkan kematian.

Darimana Asalnya?

Virus ini berasal dari hewan jadi sifatnya zoonosis (menular dari hewan kemanusia atau sebaliknya). Kenapa bisa sampai kemanusia karena memang awal infeksi dari virus ini adanya kontak antara hewan dengan manusia, menurut informasi pertama kali virus ini di temukan di pasar ikan di daerah Wuhan China, pasar ikan ini banyak menjual hewan-hewan hidup yang liar seperti tikus, kelalawar, musang dan orang-orang Wuhan sendiri mengkonsumsi daging hewan tersebut sehingga menular dan menyebabkan infeksi dari virus Corona ini.

Bagaimana Penularannya ?

Corona virus ini bertransmisi melalui saluran pernafasan jadi virus ini masuk melalui saluran pernafasan kemudian sampai  menyebabkan gejala-gejala yang menyerupai dari pneumonia/sesak nafas.

Apa saja Gejalanya?

Ketika imun nya lemah menyebabkan tidak adanya reaksi atau respon dari tubuh sehingga virus ini sangat dengan mudah untuk berkembang didalam tubuh dan bisa menginfeksi organ khususnya saluran pernafasan menimbulkan gejala-gejala seperti ada pilek kemudian demam, batuk, sampai sesak nafas lalu pada akhirnya bisa menyebabkan kematian.

Pengobatan Virus Infeksi Corona

Belum ada vaksin yang bisa mencegah infeksi  virus Corona, Penerapan gaya hidup bersih dan olahraga rutin menjadi faktor utama pencegahan virus Corona.

Bagaimana Pencegahan nya ?

  • Sering cuci tangan menggunakan sabun;
  • Gunakan masker bila batuk atau pilek;
  • Konsumsi gizi seimbang perbanyak sayur dan buah;
  • Rajin olahraga dan istirahat cukup;
  • Jangan mengkonsumsi daging yang tidak dimasak;
  • Bila batuk, pilek dan sesak nafas segera kerumah sakit atau Puskesmas.

Sampai dengan tanggal 26 Januari 2020, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan bahwa belum ada ditemukan satupun virus Corona di Indonesia, seperti dilansir dari viva.co.id ׀ minggu 26 januari 2020. Konfirmasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, belum ada laporan tentang suspect virus corona.