Bupati Iti Dukung BUMD Agrobisnis

Bupati Iti Dukung BUMD Agrobisnis

RMOLBanten. Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mendukung pembentukan BUMD Agrobisnis yang saat ini sedang disusun Pemprov Banten. Pembentukan badan usaha tersebut akan membawa dampak positif bagi peningkatan ekonomi petani.

Iti berharap pembentukan badan usaha milik daerah (BUMD) Agrobisnis dapat diwujudkan dalam waktu dekat.

"Saya menginginkan segara BUMD itu ada. Karena keberadaannya untuk menjaga ketersediaan pangan dan menstabilkan harga pakan dan hasil pertanian," kata Iti, Selasa (26/3).

Iti menjelaskan, keluahan yang saat ini dirasakan oleh petani hasil bumi, salah satunya jagung adalah ketika sedang panen, akan tetapi harganya mengalami penurunan.

"Kalau panen raya secara bersamaan, biasanya harga akan jatuh turun sehingga keuntungan didapat para petani kecil. Dengan adanya BUMD maka harga ini  dapat ditekan, karena nanti hasil panen petani itu dapat dibeli oleh pemerintah daerah dengan harga sesuai  dan tidak rendah. Ini kan oleh BUMD dalat dijadilan stock digudang dan akan dijual kepasaran ketika harganya tinggi," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Banten  Agus M Tauchid mengungkapkan, pembentukan BUMD Agrobisnis direncanakan terwujud tahun 2020 mendatang.

"Kita targetkan terbentuk tahun ini. Sekarang nunggu persetujuan DPRD karena masih dilakukan pembahasan di panitia khusus (Pansus)," katanya.

Agus mengatakan, pembentukan BUMD Agrobisnis tersebut harus masuk dalam RPJMD Proviinsi Banten 2017-2022, sehingga perlu dilakukan perubahan RPJMD karena untuk memasukan program pembentukan BUMD Agrobisnis tersebut dalam RPJMD. Dengan demikian, pembentukan BUMD agrobisnis tersebut seiring dengan perubahan RPJMD Banten yang perlu mendapatkan persetujuan DPRD.

Menurut dia, pembentukan BUMD Agrobisnis Provinsi Banten selain bisa meningkatkan kesejahteraan para petani di Banten karena bisa  memiliki nilai tambah dari produksi pertanian, juga menjadi salah satu bagian dari solusi menekan laju inflasi daerah di Provinsi Banten.

"Permasalahan di Banten ini dari sisi pasokan kebutuhan pokok dan juga kelancaran distribusi. Maka pembentukan BUMD Agrobisnis, pasar induk dan pergudangan bisa menjadi solusinya. Termasuk Dinas Pertanian akan membentuk 'Rice Centre' di Pandeglang, bisa menjadi solusi dari permasalahan ini," pungkasnya. [dhn]

Sumber : http://www.rmolbanten.com/read/2019/03/26/7041/Bupati-Iti-Dukung-BUMD-Agrobisnis-