Tips Budidaya Salak Pondoh

Salak pondoh adalah salah satu buah khas dari Indonesia, terutama wilayah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Buah ini cukup digamri oleh banyak orang. Bahkan produk salak ini sudah banyak yang mulai dieksport untuk dijadikan produk olahan dalam bentuk yang lain. Semakin tingginya permintaan akan buah salak ini, tentunya menuntut para petani salak untuk lebih mengefektifkan pembudidayaan salak yang dilakukan.

Budidaya salak yang efektif, akan berimbas kepada hasil panen yang yang jauh lebih berkualitas dan juga lebih banyak. Dalm mengefektifkan budidaya salak ini, ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan, diantaranya adalah:

Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit yang tepat akan mempengaruhi hasil salak yang didapatkan. Bibit bisa diperoleh dengan memakai biji yang sudah disemai. Namun cara ini akan seringkali membuat hasil panen tanaman salak yang baru berbeda dengan induknya. Pemilihan bibit yang tepat adalah dengan cara vegetatif, sebab anda akan bisa mendapatkan kualitas buah salak sama dengan indukan yang anda pilih. Cara vegetatif ini bisa dilakukan dengan cara menanak bagian batang, akar maupun daun dengan cara cangkok atau okulasi. Dengan memilih induk yang unggul, maka anda pun akan mendapatkan anakan yang unggul pula.

Pengolahan Tanah

 

da dua hal penting dalam pengolahan tanah ini, yaitu pembuatan kanal untuk alur penanaman bibit salak serta pengaturan jarak tanam. Jarak antar salah yang ideal adalah sekitar 2 x 2 meter. Akan teteapi, jika anda menggunakan sistem polikultur maka jaraknya bisa diperkecil yaitu 1,5 x 1,5 meter. Ketika penentuan jarak tanam sudah selesai, maka galilah lubang dengan kedalaman 50 cm dengan luasan 50 x 50 cm. Biarkan dulu lubang itu sekitar 3 minggu sebelum mulai ditanami bibit, agar luban tersebut terkena paparan sinar matahari. Kemuidan setelah itu, anda dapat memberinya pupuk kompos atau urea, dan setelah selang 1 minggu barulah anda tanam bibit salak pada lubang tersebut.

Penanaman

Menaman salak pondoh lebih baik disesuaikan dengan musim yang tepat, yaitu pada bulan November, dan salak bisa berbuah pada sekitar bulan Desember hingga Februari. Anda juga harus memperhatikan jumlah dari setiap bibit yang ada di dalam lubang. Saat menanam bibit tersebut, anda juga harus menimbunnya dengan tanah yang sudah mengandung pupuk dan jangan lupa disiram.

Pemeliharaan

Dalam pemeliharaan ini, perlu dilakukan sebuah penyulaman, yaitu penggantian bibit yang mati dengan bibit yang baru. Selain itu anda juga memeperhatikan bibit yang mana saja yang akan tumbuh dengan baik dan juga menghasilkan buah. Apabila anda melihat bibit yang tidak baik dalam pertumbuhannya, maka anda bisa segera menyulamnya agar hasil panen anda bisa lebih maksimal. Selain itu, pemupukan juga haruslah teratur, serta penyiangan gulma dan juga pemberantasan hama tanaman perlu benar-benar diperhatikan.

Itulah beberapa tips cara membudiayakan tanaman salak agar bisa menghasilkan panen yang lebih maksimal dengan buah yang berkualitas. []

 

 

Sumber: http://www.matapencaharian.com/

Related Post

Pengukuhan ISPI (Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia) Provinsi Banten, 14 Maret 2020

Rapat percepatan pelaksanaan kegiatan Bidang Perkebunan, 13 Maret 2020

Pengawasan DOC di PT CPJF Hatchery Curug Bitung bersama Team Wasbitnak Kab Lebak. 13 Maret 2020

Olahraga seluruh pegawai Dinas Pertanian Provinsi Banten, 13 Maret 2020

Pertemuan Teknis Juru Sembelih Halal Provinsi Banten, 12 Maret 2020

Desk rakorteknas bidang pertanian Tahun 2020, Bandung 12 Maret 2020

Rapat Verifikasi dan Validasi Data Statistik Peternakan Tahun 2019 (ATAP Peternakan 2019). 12 Maret 2020

Rapat teknis perencanaan irigasi di Provinsi Banten bersama Dinas PUPR Provinsi Banten, 11 Maret 2020

Kegiatan pengawasan cuting fertil egg final stok ayam pedaging di PT Charoen Pokphand, 11 Maret 2020

Monev korporasi padi dan pengecekan dan persiapan panen raya padi di Kab. Pandeglang, 10 Maret 2020

Rapat pertemuan tenaga kesehatan hewan dan medik veteriner Provinsi Banten, 10 Maret 2020

Rapat koordinasi korporasi padi Tahun 2020 bersama seluruh stakeholder pembudidayaan padi, 09 Maret 2020

Pembagian sarana penunjang berupa motor roda dua kepada Petugas Pengawas Benih Tanaman di Provinsi Banten, 09 Maret 2020

Apel pagi seluruh pegawai Dinas Pertanian Provinsi Banten, 09 Maret 2020

Yoga bersama pegawai Dinas Pertanian Provinsi Banten, 06 Maret 2020

Surveilans NKV PT So Good Food Manufacturing Kab Tangerang, 05 Maret 2020

Form Pengaduan
Statistik Kunjungan
User Online
:
9
Today Visitor
:
36
Month Visit
:
24.596
Total Visit
:
760.216
Your IP
:
54.161.2.204
Alamat
  • Pemerintah Provinsi Banten

    Jl. Syech Nawawi Al-Bantani
    Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B)
    Kec. Curug, Kota Serang, Provinsi Banten.

     

    Telp :
    (0254) 267032

    Fax : 
    (0254) 267033

    Kode Pos : 
    42171

     

Copyright © 2014 DISPERTAN.BANTENPROV.GO.ID

Supported By Diskominfo-SP Provinsi Banten